SOAL- SOAL UNTUK MENAMBAH ILKOMP

SOAL- SOAL UNTUK MENAMBAH ILKOMP KITA TEMAN" :)


1. Jelaskan dan uraikan bagian peripheral yang ada dalam sebuah PC

Bagian Periperal
Beberapa hal yang sangat perlu dilakukan pembersihan / perawatan periferal antara lain :

1.      Input Device
Input Device adalah untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
Contoh – contoh input Device adalah :

a) Keyboard
b) Mouse
c) Trackballl
d) Scanner
e) Joystick



2.    Output Device
     Output device adalah suatu proses pengeluaran data melalui media bisa dari media visual (gambar) media cetak (printer) media audio (speaker).

a.       Monitor
1. LCD ( Liquid Crystal Display)
2. CRT
b.      Printer
1. Printer Laser Jet
2. Inkjet
3. Dot matrix
c.       Plotter
d.      Speaker

3.  Process Device adalah suatu alat yang digunakan untuk mengolah data input (masukan).

a) Processor
b) Pendingin Prosesor /Kipas
c) Motherboard
d) Memori
e) Expansion Card
f) Sound Card
g) NIC ( Network Interface Card)
h) TV / Radio Tuner
i) MPEG Card
j) Memori Eksternal ( Storage Device)
k) Hard Disk
l) CDROM



2. Tuliskan dan jelaskan bagian – bagian periferal yang sering kotor sehingga mengakibatkan korosi dan kerusakan


1. Keyboard
Debu dan kotoran dapat masuk ke dalam keyboard melalui sela-sela tombol pada keyboard. Debu dan kotoran akan menumpuk menjadi banyak dan mengeras sehingga akan mengganggu kenyamanan dalam menekan tombol atau tombol keyboard akan menjadi keras. Selain debu dan kotoran padat, kotoran jenis cair juga sangat sering terjadi. Minuman yang tumpah merupakan penyebab yang sering terjadi yang membuat keyboard macet, tombol seperti terpencet terus, dan juga dapat terjadi hubung pendek yang dapat mengakibatkan keyboard tak dapat dipakai kembali, dan yang paling parah menyebabkan port PS/2 pada motherboard rusak.

2. Monitor
Debu pada monitor  akan membuat layar buram dan jika debu tersebut sudah menempel pada layar kemudian cara membersihkannya tidak benar dapat menggores layar monitor. Selain pada layar, debu juga dapat menutupi fentilasi udara pada monitor yang akan menimbulkan panas yang berlebihan pada monitor.  Untuk kotoran cair yang masuk ke dalam monitor dapat mengakibatkan kerusakan monitor.

3. Fan
Debu pada fan sangat sering dijumpai jika periferal komputer terletak pada ruang terbuka atau banyak debu. Karena debu ini akan tersedot oleh fan casing maupun fan periferal yang lain. Debu ini akan menghambat putaran fan jika telah menempel pada poros dari fan tersebut.

4. Mouse
Mouse merupakan periferal paling rawan terhadap debu, terutama mouse yang masih menggunakan bola. Mouse bersentuhan langsung dengan alas (mousepad) dimana alas tersebut merupakan sumber debu. Jika debu telah banyak yang menempel pada mouse, maka gerakan bolatidak normal, dapat dilihat dari gerak kursor yang meloncat - loncat ataupun dirasa sangat lambat. Hal ini akan membuat mouse sulit diarahkan.

5. Printer
Printer merupakan periferal komputer yang sangat rawan terkena kotoran baik cair maupun debu. Untuk debu akan berakibat roller  pemutar kertas menjadi terhambat hal ini terjadi jika debu sudah menumpuk terlalu banyak. Sedangkan untuk kotoran cair disebabkan oleh tinta yang tumpah. Selain akan mengotori printer tinta dapat mengotori head atupun catridge. Perlu diketahui bahwa catriadge merupakan komponen yang sangat rawan, sehingga trouble yang paling parah adalah catridge mati merupakan kasus yang sering terjadi akibat tinta yang berlebihan.

3. Tuliskan minimal 5 piranti input dan 5 piranti output dan jelaskan ciri khas, karakteristik serta perkembangan teknologi masing-masing

Piranti Input
Macam-macam input device (alat masukan) komputer, yaitu :

1. Keyboard
Keyboard merupakan alat masukan data (input device) yang penting. Keyboard berfungsi untuk memasukan huruf, angka, karakter khusus dan melakukan instruksi-instruksi (perintah) lainnya.
Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
    Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol.saat ini modelkeyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut :

A. Alphanumeric Key
B. Numerik Keypad
C. Function Key
D. Modifier Key
E. Cursor Movement Key.

Secara fisik ,macam-macam keyboard  yaitu:  
1. Keyboard Serial
Menggunakan DIN 5 male . digunakan pada komputer tipe AT.
2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX
3. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat


2. Mouse
Mouse merupakan salah satu alat masukan yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Mouse yang pada mulanya disebut “bug” atau dalam bahasa Indionesianya “kumbang”. Mouse pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator For A Display System).                            

Macam-macam dari mouse adalah sebagai berikut:
•         Mouse Bola
•         Mouse Optikal
•         Mouse Laser
•         Mouse modern

3. Scanner
Scanner adalah alat masukan yang dapat menyalin atau meng-copy gambar atau teks yang kemudian hasilnya langsung dtampilkan melalui monitor komputer dan selanjutnya gambar atau teks tersebut dapat ditambah, dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, dan dapat disimpan ke dalam harddisk dan media penyimpanan lainnya. Jika dilihat dari segi fungsinya scanner ini mirip seperti mesin fotocopy. Komponen – komponen Utama Scanner dari scanner adalah :
1.Charge-coupled device (CCD berfungsi sebagai sensor.
2. Stepper motor
3. Stabilizer bar
4.Mirrors
5.Scan head
6.Glass plate
7.Lamp
8.Lens
9.Cover
10Filters
11Belt
12Power supply
13Interface port(s)
14Control circuitry

4. Joystick
Joystick merupakan alat masukan yang dibuat dan di design untuk digunakan dalam permainan atau games komputer. Joy Stick mempunyai bentuk seperti tongkat dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam permainan atau games komputer tersebut, dan terbuat dari plastik.

5. Touchpad
Touchpad digunakan sebagai pengganti mouse. Dan fungsinya juga sama seperti mouse, yaitu untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Alat masukkan ini biasanya terdapat pada laptop dan notebook. Sedangkan penggunaannya menggunakan sentuhan jari. Selain touchpad, masih terdapat alat masukkan yang sejenis dengan mouse yaitu pointing stick dan trackbal.

6. Trackball
Trackball adalah alat petunjuk ang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Trackball umumnya terdapat pada tetikus modern. Trackballmensimulasikan pergerakan vertikal tetikus, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan/menurunkan layar.

Piranti Output
1. Monitor
Monitor adalah Piranti yang menghasilkan output berupa teks dan gambar gerak/diam.
Macam-macam monitor :
CGA (Clor Grafhic Adapter); 1981,memiliki 4 variasi warna dengan resolusi 320x200 pixel
EGA (Enhanced Graphic Adapter); 1984,memiliki 16 warna dengan reolusi 640x350 pixel
VGA (Video Grahic Adapter); 1987, digunakan pada mesin 386&486
SVGA (Super Video Graphic Array); 800x600 pixel,16 juta warna
XGA (Extended Graphic Array); 1024x768 pixel, 65.536 warna
SXGA (Super Extended Graphic Array); 1280x1024
UXGA (Ultra Extended Graphic Array); 1600x1200

2. Printer
Printer adalah untuk membuat cetakan pada kertas.Teknologi Pencetakan/Printer:
a) Teknologi Impact
Printer Impact/Hammer:pencetakan dilakukan dengan memukulkan pin/jarum ke pita tinta, letak pin sangat berdekatan sehingga tampilan huruf tidak terputus
b) Printer Thermal
Printer thermal memerlukan kertas berlapis lilin/parafin dan panas yang akan membakar titik-titik pada kertas tersebut
c) Perinter Ink-Jet
Perinter yang memberikan cetakan dengan cara menyemprotkan titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas cetakan.
d) Perinter Laser
Harga relatif mahal, Printer laser sering disebut Printer Postscript (bahasa printer yang dikembangkan oleh adobe system yang memungkinkan tulisan di skalakan/ dapat diputar)
e) Perinter Multifungsi
Printer Multifungsi adalah printer yang memiliki fungsi tambahan seperti sebagai mesin fotocopy,scanner dan mesin fax dan Dapat menghemat biaya
f) Plotter
Plotter adalah piranti keluaran yang dapat menghasilkan grafik/gambar dengan kualitas tinggi/warna Sering digunakan untuk membuat peta, gambar arsitektur, ilustrasi 3 dimensi dan berukuran lebih besar dari printer. Jenis Plotter berdsarkan prinsip kerja :
Plotter Elektrostatis
Plotter Thermal
Plotter Pemotong
Plotter Format Lebar

3. Speaker
Speaker digunakan untuk menghasilkan suara.Di banding perangkat keluaran yang lain, speaker tidak pernah berkembang. Dari computer pc keluaran pertama hingga pc keluaran terakhir, menggunakan speaker yang sama, karena memang hanya membunyikan tit. Sekarang sudah banyak yang membuat perangkat tambahan berupa card yang di pasang di dalam motherboard. Card yang banyak di kenal adalah MPU 401, SOUND BLASTER, MICROSOFT SOUND, ADLIB, dan PRO AUDIO SPECTRUM.

4. Proyektor
Alat ini berbentuk segi empat, diletakkan di atas overheard projector, dan mempunyai kabel yang di hubungkan dengan colokan monitor ( bias di computer desktop maupun notebook). Selanjutnya ia tinggal menggunakan computer seperti biasa.



4. Jelaskan dan tuliskan alat dan bahan yang diperlukan dalam melakukan
perawatan periperal

a) Penyedot Debu Mini

Penyedot debu mini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu. Namun penyedot debu lebih mudah dan lebih bersih. Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan sikat dengan ukuran yang beragam dimaksudkan untuk menyesuaikan luas sempitnya sudut-sudut pada komponen. Alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkan rangkaian di mainboard dan di sudut-sudut casing komputer.

b) Kain Kering Atau Tisu dan Cairan Pembersih

Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cair yang mungkin akibat softdrink, tinta atau air hujan yang masih segar atau belum mengering. Kotoran cair sangat berbahaya jika tidak segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapat menghantarkan arus sehingga dapat mengakibatkan hubungan pendek atau kerusakan fatal pada komponen PC. Sedangkan Cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengering seperti percikan dari tinta printer.

c) Kuas

Kuas merupakan peralatan yang digunakan untuk membersihkan debu atau sarang serangga. Selain itu kuas juga digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menutup pada fentilasi casing. Kuas dapat juga digunkan untuk membersihkan motherboard dan sirip heatsink pada prosessor.

d) Disk Cleaner

 Disk cleaner digunakan untuk membersihkan head dari diskdrive dari pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive. Disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan floopydisk yang piringannya diganti dengan kertas tisu.

e) CD Cleaner

CD cleaner prinsip kerjanya sama dengan disk cleaner yaitu dengan menggosok bagian yang berdebu atau kotor dengan cairan pembersih dengan memanfaatkan putaran. Beda cd cleaner dengan disk cleaner hanya terletak pada bentuknya yaitu pada cd cleaner menggunakan sikat kecil atau sirip yang dipasang pada disk.

f) Obeng

Obeng merupakan peralatan penting bagi para teknisi komputer, karena dengan alat inilah teknisi mampu membuka dan melepas komponen dalam PC.

g) Tang

Jenis tang untuk keperluan teknisi dalam melakukan perawatan komponen PC adalah tang cucut dan tang kombinasi. Tang cucut banyak digunakan untuk memegang kepala skrup atau jumper yang kecil. Sedangkan untuk tang kombinasi digunakan untuk memotong kabel dan keperluan lainnya.

2 Responses to "SOAL- SOAL UNTUK MENAMBAH ILKOMP "