Fungsi email dan Tata cara dalam menggunakan email


Fungsi dan Tata cara menggunakan email 

 

hallo teman - teman dumai kali ini saya akan membagi sedikit ilmu yang telah saya pelajari di sekolah. materi yang saya akan bahas kali ini yaitu fungsi email dan tata cara menggunakan email. sebelum pembahasan utama saya akan membahas sedikit tentang pengertian email.

Pengertian E-mail adalah sarana kirim dan mengirim surat melalui jalur Internet atau bisa juga diartikan surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau gedget yang telah mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalui jaringan Internet. Layanan e-mail dapat dikelompokkan dalam 2 basis, yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Untuk para pengguna email berbasis client, aktifitas email dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, contohnya Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet). Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima (receieve) email dari mailbox.

  • FUNGSI EMAIL
Fungsi Email yaitu sebagai sarana untuk mengirimkan/menerima surat, dan data yang bisa dilapirkan dalam surat tersebut. Datanya pun berupa data digital bukan berkas nyata. Data yang bisa dikirim lewat email diantaranya, data ketikan, musik, video, gambar, program/software/virus, dan data-data digital lainnya, menggunakan sosmed kita juga membutuhkan email. Nah Kalo dalam dunia nyata email mungkin seperti kotak surat yang ada di depan rumah kita/alamat kita. setiap surat yang datang akan sampai ke alamat kita, jika tidak ada kotak surat berarti di kirimnya langsung ke rumah/pemilik/penghuni rumah. Mengirim surat lewat email sangat cepat sama dengan mengirim SMS, dalam hitungan detik surat yang baru kita kirim bisa langsung sampai ke tempat tujuan.

  •     TATA CARA MENGGUNAKAN EMAIL
Dalam menggunakan email, tentu saja ada etika yang harus kita ketahui. Kemudahan yang kita peroleh dalam mengirim dan menerima email bukan berarti kita boleh tidak memperhatikan aspek etika. Berkirim email sama halnya dengan berkirim surat, jika tidak diperhatikan penulisannya maka bisa menyinggung atau menimbulkan kesalahpahaman. Banyak etika dan tata cara menggunakan email yang benar dan jika dilakukan dengan baik maka tidak mustahil banyak orang yang suka dengan anda. Bahkan email anda menjadi email yang ditunggu oleh para sahabat anda.

Anda dapat memperhatikan hal-hal berikut ini ketika menulis dan mengirim email:
Tips menggunakan email
  1. Selalu perhatikan ejaan dan tanda baca anda pada saat menulis email. Jangan sampai anda menulis dengan huruf kapital secara keseluruhan karena itu menimbulkan kesan tidak ramah. Penerima pun akan mengira bahwa anda sedang marah kepadanya.
  2. Jangan menulis email yang terlalu panjang karena akan membuat jenuh pembacanya. Jika ingin bercerita banyak, pecah email anda dalam beberapa buah. Kirimkan dalam waktu yang sedikit berjeda supaya email sebelumnya sempat terbaca.
  3. Ketika anda mengirimkan file dengan menggunakan attachment, anda harus memperhatikan kemungkinan file tersebut tidak dapat didownload oleh penerima di seberang sana yang mungkin koneksinya pas-pasan. Cara yang terbaik adalah memecah file tersebut menjadi beberapa bagian. Hal ini dapat anda komunikasikan sebelumnya dengan si penerima email supaya sama-sama mudah.
  4. Selalu isi bagian subyek atau judul email supaya penerima tahu garis besar isi dari surat anda.
  5. Jika anda meneruskan (forward) email dari orang lain, sebaiknya anda sunting dulu dengan membuang bagian yang memuat email-email forward dan beberapa hal privasi lainnya yang mana belum tentu penerima email berhubungan dengan teman anda. Selain itu email anda akan terkesan bersih dan tidak compang camping.
  6. Jangan membalas email dengan singkat jika teman anda sudah menulis email dengan panjang lebar dan cerita yang menarik. Ini akan menimbulkan kesan anda tidak menghargai teman anda.
  7. Jangan mengirim email berisi penawaran produk atau hal-hal yang sama secara berulang-ulang karena hanya akan memenuhi kotak surat penerima dan belum tentu orang itu membutuhkan.
  8. Jika sudah selesai menulis email, pastikan anda memeriksa setiap bagian penulisan. Hal ini dikarenakan ketika anda sudah mengirimnya, tidak akan bisa dibatalkan.

1 Response to "Fungsi email dan Tata cara dalam menggunakan email"